Waekuri Lake Sumba

Paraplou.com – Dari sekian banyak tawaran lokasi wisata menarik, salahsatu yang mungkin jarang dipilih menjadi tujuan wisata adalah danau. Danau memang tidak sepopuler pantai ataupun gunung, namun yakinlah jika keindahaanya juga tidak akan kalah dari pemandangan yang tersaji dari ketinggian gunung atau dari bibir pantai.

Berbicara danau, anda sebaiknya pergi mengunjungi sebuah danau rahasia nan tersembunyi di Sumba yang bernama Danau Weekuri. Danau Weekuri merupakan sebuah danau dengan air asin yang memiliki bentuk bak kolam raksasa yang sangat indah dan mengagumkan. Danau Weekuri (kadang disebut juga Waikuri), adalah sebuah danau air asin yang sangat luar biasa di dekat Mandorak, Sumba Barat Daya. Air mengalir keluar masuk danau secara konstan dari laut, lewat celah bebatuan yang memisahkan danau itu dengan laut.

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Danau Weekuri mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan belakangan ini. Danau Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Bagian terdangkal danau ini berpasir, sementara di bagian terdalamnya (2-3 m), kaya dengan kehidupan laut seperti koral, udang-udangan dan berbagai jenis ikan. Ekosistem di danau ini cukup rapuh. Para pengunjung selalu diminta untuk berhati-hati untuk tidak membuang sampah atau menginjak koral.

Properti yang dijual terletak persis di danau bagian utara, dan memanjang ke arah danau air tawar di dekatnya, 250 meter ke utara, di mana masih berkeliaran monyet-monyet di pepohonan. Bagian lain tanah ini rata, dengan beberapa bebatuan, rumput dan kaktus. Bagian yang berbatasan dengan laut merupakan tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang dapat dinikmati dari tebing setinggi 10-15 meter yang terdapat di situ.

Sebelumnya Danau Weekuri ini merupakan area tersembunyi yang tidak memiliki jalur akses karena terlindung oleh lebatnya hutan. Keberadaan danau ini juga ternyata tidak diketahui secara luas oleh masyarakat, sampai pada suatu hari ditemukan oleh warga negara Perancis dan akhirnya akses jalur menuju ke lokasi tersebut dibuka.

Danau Weekuri memang tidak seterkenal danau-danau besar di Indonesia lainnya, namun keindahannya yang luar biasa menakjubkan bagai sebuah surga tersembunyi akan memberikan jaminan bagi anda menemukan hasil ciptaan Tuhan yang benar-benar mengagumkan.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *