Soto Esto Khas Salatiga

Paraplou.com – Di antara begitu banyak pilihan, ada satu warung soto yang legendaris dan tampilannya beda dengan yang lain, yakni Soto Esto. Kalau soto lain berkuah bening, maka Soto Esto menggunakan kuah santan yang berwarna kekuningan.

Soto disini adalah jenis soto ayam yang di daerah lain mungkin lebih dikenal sebagai sebagai soto kari ayam, karena kuahnya yang lebih pekat. Penyajian Soto Esto pun unik, di atas soto biasanya diberi taburan karak (kerupuk dari nasi). Tapi jika ingin tetap merasakan kerenyahan karak anda bisa memakannya terpisah. Kombinasi soto dan karak ini memang sangat khas Salatiga.

Sotonya berkuah santan, lain daripada soto Semaangan yang berkuah bening. Isinya ada kubis, kecambah kacang hijau, soun, dan nasi. Bisa minta ditambah karak. Di sini juga menyediakan pelengkap lainnya, seperti aneka gorengan, sate telur puyuh, sate ayam, karak. Minumannya ada teh dan Jeruk.Tempatnya bersih, rapi. Ciri khas warung soto disini (Salatiga) gerobag atau kuali terlihat di depan warung.

Dinamai soto Esto karena pada awalnya soto ini dijual di pelataran bengkel garasi bus ESTO (jurusan Salatiga – Ambarawa). Sekarang pindah (bergeser sedikit ke Timur). Tempat makan enak ini berada di Jl. Langensuko No 4, Salatiga, Belakang Hotel Grand Wahid Salatiga. Utara jalan.

 

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *