Pulau Maratua Yang Tak Kalah Eksotis Dengan Pulau Derawan

Paraplou.com – Banyak orang yang menjadikan Pulau Derawan sebagai tujuan wisata utama ketika berwisata ke Kalimantan Timur. Sebenarnya, Kalimantan Timur memiliki “surga” yang tak kalah indah dibanding Derawan, yakni Pulau Maratua. Pulau berpenghuni yang terletak di Laut Sulawesi ini merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia.

Pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Untuk mencapai pulau ini, butuh waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kapal cepat dari Pulau Derawan. Letih selama perjalanan akan menguap seketika tatkala Anda menginjakkan kaki di Maratua. Keindahan laut biru jernih di Maratua akan menghipnotis mata siapa pun yang memandangnya.

Pulau maratua adalah sebuah pulau kecil dengan penduduk sekitar 3.000 jiwa dan penduduk asli di pula maratua adalah suku bajo yang terbagi dalam 4 desa.Pekerjaan sehari-hari penduduk asli pulau maratua adalah nelayan.

Tujuan para pengunjung yang datang ke pulau maratua biasanya untuk diving di sekitar pulau maratua, Memang beberapa gugus pulau kecil di kalimantan timur, seperti pulau derawan, pulau maratua, pulau panjang dan pulau kakaban adalah wilayah diving yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Untuk menuju kepulau maratua sebenarnya ada beberapa alternatif , bisa melali jalur laut dan jalur udara. Untuk jalur laut dari perjalanan dapt di mulai Dari kota Tarakan, pengunjung bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Tanjung Redeb di Ka bupaten Berau.

Dari kota Tanjung Redeb, pengunjung bisa menyewa speed boat menuju ke Pulau Maratua. Perjalanan dari tanjung redep menuju ke pulau maratua membutuhkan waktu yang agak lama, yaitu sekitar 3 jam perjalanan laut dengan kecepatan sedang.

Keindahan lautan dan pemandangan pulau maratua sudah tidak lagi diragukan, pualu yang masih sangat alami dan belum banyak di jamah oleh wisatawan membuat pulau maratua semakin banyak di kunjungi oleh wisatawan mancanegara dan lokal.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *