Klenteng Sam Po Kong Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Di Semarang

Paraplou.com – Klenteng Sam Poo Kong juga bisa menjadi destinasi wisata Kota Semarang yang menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi anda yang memang menyukai wisata gedung atau bangunan.

Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang.

Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an”. Pada bangunan klenteng tersebut terdapat beberapa anjungan dengan bangunan pemujaan utama yakni Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi serta mbah Kyai Tumpeng.

Jika dilihat dari segi sejarah, tempat ini merupakan pendaratan dan tempat singgah pertama Zheng He atau Cheng Ho, yang merupakan Laksamana yang memeluk agama Islam. Sejarah ini tentu sangat menarik wisatawan khususnya wisatawan muslim.

Ada banyak keunikan yang hanya dimiliki membuat tempat wisata yang satu ini didatangi banyak pengunjung setiap harinya dengan berbagai latar belakang. Selain wisatawan China atau Tionghoa, muslim, juga menarik bagi wisatawan asing.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *