Danau Kakaban Di Kepulauan Derawan Bersaba Ribuan Ubur-Ubur

Paraplou.com – Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur Di pulau ini terdapat sebuah danau yg merupakan habitat ubur-ubur tidak bersengat (stingless jellyfish) Kita bisa berenang-renang di danau tersebut dan bermain atau foto-foto dengan ubur-ubur Tentunya ada aturan yang harus ditaati untuk menjaga kesehatan ubur-ubur beserta ekosistemnya.

Danau Kakaban terletak di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Letaknya tidak jauh dari Pulau Derawan. Pulau Kakaban adalah salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban masih cenderung murni dan jarang dikunjungi orang karena lokasi jauh terpencil dan belum ada sarana transportasi yang memadai layaknya tempat wisata alam lainnya.

Danau ini agak berbeda dan unik dengan kebanyakan danau yang ada di Indonesia, di dalam danau ini terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat. Ubur-ubur seperti ini hanya terdapat di dua tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban, Kalimantan Timur dan Jellyfish Lake di Palau, Mikronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

Perjalanan menuju Pulau Kakaban diawali dari Pulau Derawan. Dari Pulau Derawan memakan waktu empat puluh lima menit menggunakan perahu cepat. Uniknya, di dalam danau tersebut terdapat empat jenis ubur-ubur yang masih hidup dengan baik seperti Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia. Wisatawan juga diizinkan untuk berenang bersama ubur-ubur yang tidak mematikan itu.

Selain itu, di Pulau Kakaban juga ada berbagai jenis ikan yang bisa dilihat yaitu barakuda, white tip, black tip, juga hammer shark. Selain ubur-ubur, wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut. Karena dari tujuh pulau yang ada di Berau, Kakaban merupakan yang paling baik.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *