Candi Gedong Songo

Paraplou.com – Candi Gedong Songo merupakan beberapa candi yang berkelompok hingga membentuk sebuah komplek percandian yang merupakan salah satu peninggalan agama Hindu. Lokasi candi ini di desa Candi, kecamatan Bandungan, Jawa Tengah. Secara geografis, letak candi ini berada di koordinat -7.210290, +110.342010, yang berada di ketinggian 1200 m di atas permukaan laut. Lokasi tepatnya di kaki Gunung Ungaran sehingga kesejukkan dapat dirasakan di area ini. Suhunya pun sekitar 19° – 27° Celcius. Letaknya 15 km dari kota Ambarawa dan 45 km dari kota Semarang.

Para pengunjung domestic hingga manca negara tidak akan lepas pandangan pada Candi Gedong Songo ini. Karena Candi Gedong Songo ini terkenal dengan sejarahnya yang memang sengaja disuguhkan sebagai obyek wisata Bandungan dan memang satu paket dengan Ambarawa dan Bandungan.

Satu hal yang sangat menarik pada obyek wisata tersebut adalah pemandian air panasnya yang terdapat di antara Candi Gedong III dan Candi Gedong IV. Pemandian air panas itu diletakkan di sebuah kepunden gunung. Air panasnya pun alami yaitu merupakan air belerang dari gunungnya langsung sehingga tak heran jika airnya terasa menyengat di hidung namun bermanfaat bagi kulit.

Para traveler pun juga akan merasakan pemandangan pegunungan ketika sudah berada di lokasi puncak komplek candi Gedong Songo ini. Apalagi komplek Candi Gedong Songo ini memang terletak di Gunung Ungaran yang dikelelingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Merapi, dan Gunung Andong.

Di setiap tempat pasti memiliki kisah tersendiri salah satunya adalah kisah mistik yang ada pada tempat tersebut. Seperti halnya dengan Candi Gedong Songo yang juga memiliki kisah mistik pada tersendiri dan berdasarkan cerita dari masyarakat setempat.

Saat melakukan kunjungan ke candi gedong songo Anda jangan heran atau terkejut kanrena ternyata candi hanya dapat dilihat sebanyak lima saja, dengan urutan candi gedong I, candi gedong II, candi gedong III, candi gedong IV, dan candi gedong V. Konon katanya ada beberapa candi yang tak kasap mata atau dapat dikatakan candi mistis yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Saat melakukan wisata ke candi gedong songo Anda tidak perlu capek-capek berjalan kaki karena disana disediakan kuda sebagai alat transportasi untuk menuju ke candi.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *