Camoi Aek Biru, Saudara Danau Kaolin, Bangka

Paraplou.com – Jika di Pulau Belitung ada Danau Biru Kaolin, maka di Bangka terdapat kembarannya dengan karakteristik yang hampir sama, Danau ini disebut Camoi Aek Biru. Danau cantik ini juga tercipta dari bekas galian tambang Timah dan Kaolin. Danau ini sekarang menjadi wisata unggulan pulau Bangka yang sedang booming.

Camoi Aek Biru terletak di sebuah bekas tambang di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Sekitar 50 kilometer dari Pangkalpinang. Untuk mencapai lokasi ini pun cukup mudah, beberapa meter sebelum memasuki pemukiman warga di Desa Air Bara, berbelok ke arah barat pada sebuah perempatan (atau dikenal dengan sebutan Simpang Bemban oleh masyarakat lokal).

Ada beberapa bekas galian di destinasi ini dan yang paling besar adalah Camoi Aek Biru yang menjadi buruan wisatawan asal Bangka Belitung maupun daerah lain. Danau ini sangat fenomenal karena keindahannya layaknya seperti danau biru yang tidak membeku diatara salju yang putih, suatu pemandangan yang sangat menakjubkan.

Aktifitas dan bekas pertambangan di Pulau Bangka memang menyisakan persoalan yang tak berujung, salah satunya dampaknya adalah banyaknya lubang bekas galian yang bertebaran yang menyerupai danau-danau kecil, lubang-lubang ini bisa ditemukan di hampir setiap sudut Pulau Bangka. Hanya saja, sebagian dari kolong-kolong itu menyajikan pemandangan yang menarik.

Menjaga kelestarian alam sangatlah penting, walaupun sisa tambang tersebut menyisakan sesuatu yang indah, namun akan lebih baik jika diringi dengan rehabilitasi lahan guna menjaga kelestarian alam serta kualitas udara. Mari Majukan Indonesia dengan Sadar Wisata.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *