Air Terjun Tumpang Sewu

Paraplou.com – Mencari kesenangan dengan melihat keindahan alam yang terbentuk dengan alami menambah kepuasan tersendiri. Indonesia dengan segala keragaman dan letak geografisnya menjadikan negara ini punya banyak sekali wisata alam yang memanjakan mata. Indonesia menjadi destinasi yang patut diperhitungkan untuk kategori wisata alam.

Kalau Amerika punya Air Terjun Niagara yang tinggi besar, Indonesia juga punya Coban Sewu di perbatasan Malang-Lumajang. Coba ke sana akhir pekan ini untuk mengagumi alam yang menakjubkan.

Untuk menikmati betapa mengagumkan Air Terjun Niagara, kini tak perlu jauh-jauh ke Amerika. Coban Sewu akan menjawab semua rasa takjub anda tentang air terjun yang super tinggi dan besar. Air terjun Tumpak Sewu, julukan dari Coban Sewu, adalah Niagara Indonesia yang terletak di Pulau Jawa tepatnya di perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur.

Pemandangan alam yang sangat luar biasa yang harus segera di kunjungi. Air terjun Tumpak Sewu namanya. Lokasi air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. tidak salah kranya jika pada pintu masuk tempat wisata air terjun ini di berikan tulisan besar “serpihan surga itu memang ada”. Mungkin ini dikarenakan Air terjun Tumpak sewu yang indah ini betul-betul bagian surga yang nyasar ke bumi, meski itu hanya ungkapan dan tidak benar tapi memang tempat wisata Air terjun Tumpak Sewu ini sangat indah.

Ada yang bilang air terjun ini punya dua nama yaitu airterjun Tumpak Sewu dan ada juga yang menyebutnya air terjun Coban Sewu atau Grojogan Sewu. tapi apapun namanya yang pasti air terjun ini sangat indah. secara Geografis Air terjun Tumpak sewu berada di aliran sungai Glidih, dimana sungai gigih ini menjadi perbatasan antara kec. Ampe lGading Malang dan kec. Pronojiwo Lumajang. sekilas kalu diperhatikan Air Terjun Tumpak Sewu ini memang hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu yang berada di Pujon Malang. bedanya terletak pada sumber mata air yang jatuh, pada air terjun Tumpak sewu ini memiliki banyak sumber mata air yang jatuh ke dasar tebing. dan mungkin karena jumlahmata air terjunnya yang banyak itu menjadi dasar kenapa air terjun ini diberikan nama Tumpak Sewu .

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini dapat melalui Kota Malang – Jawa Timur yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo, kemudian setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *