Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Paraplou.com –  Sumatera Utara tawarkan beragam obyek wisata alam yang begitu mengagumkan. Satu diantaranya yakni Air Terjun Dwi Warna yang terdapat di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 mdpl.

Air Terjun ini diberi nama dengan nama Air Terjun Dwi Warna, lantaran air terjun ini mempunyai dua gradasi warna yang tidak sama. Air yang tertampung dari pancurannya dibawah berwarna putih keabu-abuan sesaat air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Secara ilmiah, perbedaan warna ini disebabkan oleh airnya yang mengandung fosfor dan belerang.

Air terjun ini berada persis di area kaki Gunung Sibayak. Jika Anda mendarat di Kota Medan, jarak yang harus ditempuh menuju Sibolangit adalah sekitar 75 km. Lokasi dari pusat kecamatan menuju Air Terjun Dua Warna masih cukup jauh. Dalam kondisi perjalanan ideal akan memakan waktu lebih kurang 3 jam. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah berkunjung, sebaiknya meminta jasa pemandu wisata (tour guide) untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk seperti kehilangan arah atau tersesat karena lokasi Air Terjun ini berada di dalam hutan.

Anda akan diminta mengeluarkan nominal senilai Rp 25.000,- saat hendak memasuki kawasan air terjun. Lebih tepatnya disebut sebagai biaya retribusi untuk perawatan sekitar lokasi objek wisata. Selain itu, mengingat jalur masuknya yang menyerupai arena petualangan di dalam hutan, Anda dapat meminta jasa pemandu wisata lokal dengan tarif Rp. 100.000,- hingga Rp. 300.000,-. Harga pemandu wisata dapat dipertimbangkan sesuai jumlah rombongan Anda.

Leave a Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *